Syariah Indonesia

Tabungan Mandiri Syariah

Assalamualaikum.. Selamat pagi sahabat.. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu produk tabungan dari Bank Syariah Mandiri, yaitu Tabungan BSM (Bank Syariah Mandiri).

Tabungan BSM ini adalah tabungan dengan prinsip Mudharabah atau bagi hasil, yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat seperti halnya tabungan yang lain. Perbedaan tabungan ini dengan tabungan bank konvensional atau perbankan pada umumnya adalah di bagi hasilnya, jika di tabungan konvensional bunga tabungan di tetapkan di awal, misal 6% per tahun, maka nasabah yang mempunyai tabungan tersebut akan memperoleh bunga sebesar 6% per tahun tanpa melihat kondisi keuntungan dari bank tersebut. Sedangkan untuk di bank Syariah, perhitungan yang dipakai adalah bagi hasil, dimana uang nasabah yang di tempatkan di tabungan bank syariah akan digunakan terlebih dahulu untuk penyaluran pembiayaan dan produk bank yang lain, baru nasabah akan memperoleh bagi hasil yang telah disepakati di awal pembukaan tabungan tersebut. Misal bagi hasil untuk tabungan BSM adalah 40:60, artinya nasabah memperoleh porsi sebesar 40% selaku pemilik dana dan Bank memperoleh porsi bagi hasil sebesar 60% dari keuntungan yang diperoleh dari kegiatan bank tersebut. Cukup menarik bukan? Artinya nasabah mempunyai peluang untuk mendapatkan bagi hasil melebihi bunga bank yang ada pada saat ini, ditambah lagi sistem yang digunakan adalah syariah.

Persyaratan untuk membuka tabungan ini cukup mudah sahabat.. sahabat hanya bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau kartu identitas yang lain (paspor) yang masih berlaku dan uang sebagai setoran awal untuk pembukaan tabungan BSM ini.
"Setoran awalnya berapa kang? Pasti jutaan ya? atau setengah juta ya?"
"Waduh..kalau jutaan berat kang.." 
"Ratusan ribu aja sudah berat..." hehehe^-^
Tenang sahabat.. Ternyata untuk membuka tabungan mandiri syariah ini sahabat tidak perlu menyediakan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, sahabat cukup menyediakan uang untuk setoran minimal sebesar Rp 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah) saja. Iya, cukup delapan puluh ribu sahabat sudah dapat membuka tabungan bank syariah mandiri dengan berbagai macam fasilitasnya. Untuk setoran berikutnya bisa dimulai dari sepuluh ribu rupiah, jadi tidak harus menunggu jutaan untuk dapat setor ke bank syariah ini.

"Terus.. kita dapat fasilitas apa aja kang?"
Fasilitas yang ada di tabungan mandiri syariah ini ternyata juga cukup lengkap lho sahabat, sahabat akan mendapatkan fasilitas BSM Card yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang bisa digunakan di semua merchant yang menyediakan mesin EDC Prima yang sudah bekerjasama dengan BSM di seluruh Indonesia.
"Terus apa lagi kang?"
Pasti Aman dan terjamin, Online di seluruh outlet Bank Syariah Mandiri pastinya ya.. Dengan menggunakan kartu BSM Card ini, sahabat bisa melakuakn tarik tunai di semua mesin ATM Bank Mandiri di mana pun berada, dan tidak dikenakan biaya satu rupiah pun, alias gratis. Sahabat juga akan mendapatkan fasilitas e-Banking juga dapat lho.. mulai dari internet banking, mobile banking, notifikasi transaksi, dan satu lagi yang membedakan nih.. di sini sahabat dapat menyalurkan zakat dan sedekahnya melalui ATM atau pun lewat e-banking. Banyak kan fasilitas yang di dapatkan..

"Nah ini penting kang.."
"Biaya administrasi per bulannya berapa kang?"
"fasilitas banyak, bagi hasil menarik, pasti banyak nih biaya bulanan nya"
Tenang lagi sahabat.. biaya bulanan nya juga cukup murah kok, cuma Rp 7.000,- (tujuh ribu rupiah) saja. Tuh kan, gak sampai puluhan ribu kaya bank-bank yang lain.. setoran berikutnya pun bisa mulai dari Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah)

Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan sahabat semua ya.. terima kasih telah berkunjung ke blog saya, wassalam..^-^

0 Response to "Tabungan Mandiri Syariah"

Thanks for reading