Syariah Indonesia

Bagaimana Cara Transfer Ke rekening Bank Syariah Mandiri

Assalamualaikum sahabat.. Masih semangat ya.. Hari ini ada sahabat saya yang akan transfer ke rekening saya di Bank Syariah Mandiri, akan tetapi sahabat saya agak kesulitan karena sahabat saya ini belum memiliki rekening di Bank Syariah Mandiri. Kebetulan sahabat saya ini adalah nasabah bank Bank Rakyat Indonesia, jadi untuk melakukan transfer ke luar bank BRI tersebut, nasabah harus menambahkan kode bank yang dituju agar dana dapat sampai di rekening tujuan. Sebetulnya apa sih kode bank itu? Mungkin ada sahabat yang sudah mengenal atau tau kode bank itu apa, tapi masih banyak juga yang belum tahu apa itu kode bank dan apa fungsi dari kode bank tersebut.
Sahabat.. Sebetulnya setiap Bank mempunyai kode bank tersendiri dalam melakukan transaksi antar bank, baik di Indonesia atau pun di luar negeri. 
"Kode Bank ini adalah kode berupa digit nomor yang harus di cantumkan atau yang harus dimasukan ke dalam sistem baik melalui ATM atau pun melalui fasilitas internet banking dan mobile banking untuk melakukan transaksi pemindahbukuan atau transfer dari bank satu ke bank yang lain"
Bahasa mudahnya, Nasabah yang akan melakukan pemindahbukuan atau transfer dana dari satu bank ke bank yang lain (Beda Bank) harus memasukkan kode (nomor) Bank tertuju untuk dapat sampai ke rekening tujuan. Seperti halnya saat kita akan mengirimkan surat kepada saudara kita di luar kota atau di luar propinsi bahkan di luar negeri sekali pun, kita harus menyertakan alamat yang lengkap disertai dengan kode pos alamat yang dimaksud. Seperti halnya kode pos, kode bank juga mempunyai fungsi seperti halnya kode bank, supaya uang yang akan sahabat kirim dapat terkirim ke alamat atau penerima yang benar.

Untuk kali ini saya akan membagikan cara transfer ke rekening Bank Syariah Mandiri dari rekening bank lain selain BSM tentunya. Dalam kasus saya kali ini, sahabat saya akan melakukan pemindahan dana atau transfer dari rekeningnya yang ada di BRI ke rekening saya yang ada di BSM (Bank Syariah Mandiri). Sahabat saya akan melakukan transfer melalui ATM BRI. Berikut akan saya jelaskan tahapan yang harus dilakukan:
  • Masukan kartu ATM dan PIN seperti halnya saat akan ambil uang atau saat akan transfer ke sesama BRI
  • Pilih menu Transfer
  • Pilih Menu Transfer Bank Lain
  • Masukan nominal dana yang akan di transfer
  • Masukan Kode Bank Mandiri Syariah, Kode nya adalah 451
  • Masukan nomor rekening yang menjadi tujuan transfer
  • Cek nama Bank dan nama penerima apakah sudah sesuai atau tidak
  • Jika nama Bank dan nama penerima beda, mungkin ada kesalahan di nomor rekening nya
  • Jika nama Bank dan nama penerima sudah betul, pastikan lagi jumlah nominal yang ditransfer, apakah telah sesuai dengan nominal yang diharapkan.
  • Jika sudah sama pilih "ya" untuk menjalankan proses tersebut
Kode Bank Mandiri Syariah
Cukup mudah kan sahabat? Bagaimana cara transfer dari bank lain ke rekening di Bank Syariah Mandiri, sahabat cukup memasukan kode bank 451 (kode Bank Syariah Mandiri) untuk bisa menjalankan perintah transfer tersebut. mungkin memang tidak semua mesin ATM memiliki menu yang sama atau tampilan antara mesin ATM bank satu dengan tampilan mesin ATM Bank lain mungkin tidak sama, tetapi untuk tahapan-tahapan nya kurang lebih sama. Yang perlu diperhatikan dan tidak boleh salah adalah saat pengisian kode bank, nomor rekening. Cek juga pada saat sudah muncul nama pemilik rekening yang akan di sahabat kirim, apakah sudah sesuai atau ada perbedaan. Jika sudah sesuai silakan lanjutkan, akan tetapi jika ada perbedaan di nama jangan dilanjutkan dahulu untuk transaksi nya. Sahabat hubungi dahulu pemilik rekening apakah nama yang tertera di tabungan betul sesuai.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk sahabat semua. Terima Kasih telah berkunjung di blog saya. Wassalam..

0 Response to "Bagaimana Cara Transfer Ke rekening Bank Syariah Mandiri"

Thanks for reading