Syariah Indonesia

Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri

Assalamualaikum, Selamat pagi sahabat semua.. Sahabat pasti sudah tahu kalau perbankan syariah maupun perbankan konvensional memiliki banyak sekali produk yang ditawarkan. Salah satu produk perbankan yang tiap orang pasti tau adalah produk tabungan. Kebanyakan tiap orang akan menganggap bahwa tabungan antara bank yang satu dengan yang lain tidak jauh beda alias sama saja. Orang berfikir "Tabungan ya intinya kita disuruh untuk menabung". Berfikir seperti itu memang tidak salah, akan tetapi dengan berkembangnya sistem informasi, dengan berkembangnya teknologi dan pelayanan, maka tiap perbankan berlomba-lomba untuk meningkatkan pelayanan dan membuat suatu produk yang berbeda dengan produk perbankan yang lain. Perbedaan tersebut bisa jadi dari fiturnya, dari fasilitas yang diberikan, dari biayanya atau pun dari segi yang lain, sehingga memberikan nilai tambah atau nilai beda dari kompetitor yang lain.

Saat ini banyak sekali jenis tabungan yang ditawarkan oleh pihak perbankan, baik yang syariah maupun yang konvensional. Berbagai macam jenis tabungan sekarang sudah tersedia di masyarakat, tinggal kita memilih produk tabungan apa yang cocok untuk kebutuhan kita. Sekilas tentang produk tabungan ya sahabat.., Tabungan merupakan salah satu produk dari perbankan, dimana nasabah menitipkan uangnya kepada bank dan penarikannya dapat dilakukan sewaktu-waktu. Atas penitipan uang yang telah nasabah setorkan ke bank ini, nasabah akan diberikan bunga untuk yang di bank konvensional atau bagi hasil untuk yang di perbankan syariah. Karena nasabah mendapatkan fasilitas yang lain, seperti ATM, buku tabungan, dan fasilitas perbankan yang lain, maka nasabah dikenakan biaya administrasi dari bank, dimana besaran biaya administrasi tersebut sesuai kebijakan masing-masing perbankan. Untuk besaran biaya administrasi saat ini rata-rata perbankan konvensional mengenakan biaya di kisaran 10 ribu rupiah. Berbeda dengan perbankan syariah yang mengenakan biaya administrasi yang lebih sedikit.

Salah satu jenis tabungan syariah yang tidak memberatkan untuk biaya administrasi adalah tabungan dengan sistem wadi'ah. Sesuai namanya, tabungan wadiah ini merupakan tabungan dengan akad wadiah atau titipan, dimana  nasabah yang menempatkan dananya di bank syariah dengan sistem titipan. Jika dengan sistem titipan, maka jumlah yang harus diterima saat akan diambil lagi oleh nasabah adalah sama dengan jumlah uang atau dana yang pertama kali di titipkan. Dengan kata lain, tabungan wadiah ini tanpa biaya administrasi perbulan. Untuk penarikan tabungan ini dapat dilakukan sewaktu-waktu, sama seperti tabungan pada umumnya. Cuma yang membedakan adalah biaya administrasi yang dikenakan adalah sebesar bonus yang dibagikan untuk tabungan dengan saldo minimum, atau dengan kata lain tabungan simpatik ini tanpa biaya administrasi bulanan, alias tanpa potongan. Sehingga saldo tabungan kita tidak akan berkurang karena akad yang digunakan adalah akad wadiah yad-dhamanah.

Salah satu perbankan yang memiliki produk tabungan dengan akad wadi'ah adalah Bank Syariah Mandiri, Nama untuk tabungan dengan sistem wadi'ah ini adalah "Tabungan Simpatik. Berikut ini adalah fitur dari tabungan simpati bank syariah mandiri:
  • Setoran Awal untuk Tabungan Simpatik ini adalah Rp 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) untuk yang tanpa ATM, dan Rp 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah yang menggunakan ATM)
  • Untuk setoran berikutnya mulai Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah)
  • Saldo Minimum yang harus ada direkening Rp 20.000,- (dua puluh ribu rupiah)
  • Administrasi perbulan sebesar bonus atau maksimal Rp 2.000 (dua ribu rupiah)
  • Untuk yang memakai ATM, biaya administrasi untuk ATM hanya sebesar Rp 2.000,-
Tabungan Simpatik
Tabungan Simpatik BSM
Sedangkan untuk fasilitas yang di dapatkan dari produk ini hampir sama dengan fasilitas yang di daat dari produk lain, mulai dari transfer, tarik tunai gratis di semua ATM Mandiri, fasilitas e-banking, mobile banking, notifikasi, pembayaran tagihan dan fasilitas yang lain yang diberikan untuk tabungan dengan akad mudharabah atau bagi hasil.

Dari informasi fitur di atas, bisa sahabat bandingkan tabungan wadiah simpatik ini dengan tabungan yang lain, apakah tabungan simpatik ini telah sesuai dengan harapan sahabat atau belum..

Semoga bermanfaat buat sahabat semua. Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

1 Response to "Tabungan Simpatik Bank Syariah Mandiri"

Thanks for reading