Syariah Indonesia

Profil Bank Syariah Mandiri

Selamat pagi sahabat, mungkin sebagian besar dari kita masih banyak yang belum mengetahui tentang perkembangan Bank Syariah di Indonesia sebetulnya seperti apa. Siapa sih Bank Syariah yang paling besar di Indonesia, ada berapa jumlah perbankan syariah saat ini dan masih banyak lagi pengetahuan tentang perbankan syariah yang masih perlu kita gali lebih dalam untuk menambah pengetahuan kita mengenai perbankan syariah di Indonesia.

Perkembangan bank syariah di Indonesia lebih di dominasi karena keinginan masyarakat yang sudah mulai sadar dan menginginkan adanya perekonomian berdasarkan prinsip-prinsip islam, salah satunya adalah keinginan masyarakat untuk mendapatkan akses perbankan yang berdasarkan prinsip syariah. Hal ini bisa dilihat dari pola kehidupan masyarakat yang sudah mulai berubah ke arah yang lebih baik dengan prinsip syariah, salah satunya adalah dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan hijab atau kerudung di lingkungan atau instansi tempat mereka bekerja.

Berbeda dengan perkembangan perbankan syariah yang berada di Malaysia, dimana peran pemerintah sangat besar dalam membantu perkembangan perbankan syariah di sana. Pemerintah Malaysia memulai mendirikan Bank Syariah milik negara tersebut, berbeda dengan di Indonesia dimana bank syariah semuanya masih milik swasta dan tidak ada satupun yang dimiliki oleh pemerintah saat ini. Pemerintahan Malaysia mewajibkan pegawai negerinya melakukan transaksi perbankan di perbankan syariah, dari pembayaran gaji sampai untuk proyek-proyek pemerintahannya menggunakan bank syariah milik pemerintah, tentu akan memberikan hasil atau dampak yang sangat besar bagi perkembangan bank syariah di Malaysia. Karena perputaran uang dan perekonomian di negara tersebut hampir semuanya di jalankan oleh bank syariah.

Di Indonesia saat ini, semua perbankan masih dikuasai atau dimiliki oleh swasta. Bisa dibayangkan, negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia saat ini belum memiliki perbankan syariah yang dikuasai oleh negara, sangat di sayangkan bukan? Semoga tahun depan ada kebijakan dari pemerintah untuk mendirikan Badan Usaha Milik Negara Perbankan Syariah. Bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara yang memiliki Perbankan Syariah Terbesar di Asia Tenggara atau bahkan terbesar di Dunia, dengan jumlah penduduk muslim terbesar dan peran pemerintah tentu bukan hal mustahil untuk mencapai Perbankan Syariah Terbesar Di Asia.


Sudah cukup penjelasan awal mengenai perkembangan bank syariah di Indonesia dan perbandingannya dengan perbankan syariah di negara sebelah ya.. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan informasi mengenai Profil salah satu perbankan syariah di Indonesia, dan saat ini perbankan syariah ini adalah perbankan syariah terbesar di Indonesia. Kita akan membahas mengenai profil dari Bank Syariah Mandiri, Yuk kita simak bareng-bareng sahabat.

Bank Syariah Mandiri atau yang dikenal dengan nama Bank Mandiri Syariah atau BSM adalah Bank Syariah terbesar di Indonesia saat ini. Bank Syariah anak perusahaan Bank Mandiri ini mulai beroperasi pertama kali pada tanggal 1 November 1999, sehingga tanggal 1 november ditetapkan sebagai hari milad atau hari lahir Bank Syariah Mandiri. Cerita tentang Bank Syariah ini berawal dari Pt. Bank Susila Bakti (BSB) yang merupakan anak perusahaan dari Pt. Bank Dagang Negara (BDN) yang akhirnya ikut berubah kepemilikannya dari BDN ke Bank Mandiri karena proses merger ke empat Bank besar di Indonesia dikarenakan krisis ekonomi yang terjadi saat itu. Ke empat Bank tersebut adalah Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD), Bank Exim, dan Bapindo yang akhirnya pada tahun 1999 melebur menjadi satu menjadi Pt. Bank Mandiri.

Berikut adalah profil dari Bank Syariah Mandiri:
Nama Bank
:
Bank Syariah Mandiri
Alamat Kantor Pusat
:
Jl. MH. Thamrin No.5 Jakarta 10340
Telephone
:
(62-21) 2300 509
Faksimili
:
(62-21) 3983 2989
Call Center
:
14040
Home Page
:
www.syariahmandiri.co.id
Tanggal Berdiri
:
25 Oktober 1999
Tanggal Beroperasi
:
01 November 1999
Modal Dasar
:
Rp. 2.500.000.000.000
Kepemilikan Modal
:
99.999999% PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk dan 0.000001% PT. Mandiri Sekuritas
Kantor Cabang
:
764 Kantor Layanan yang tersebar di seluruh Indonesia
Pemeringkat
:
AA+ (idn), based on Pefindo tahun 2012

Pada saat tahun 2015, Bank Syariah Mandiri menerima suntikan lagi modal dari induknya Bank Mandiri sehingga Bank Syariah Mandiri menjadi Bank Buku III, sekaligus Bank Syariah pertama di Indonesia yang menjadi Bank Buku III. Dari informasi di atas dapat kita ketahui bahwa saat ini Bank Syariah Mandiri mempunyai 764 Kantor layanan di seluruh Indonesia, bukan jumlah yang sedikit untuk bukan? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat sahabat semuanya, Terima kasih telah berkunjung di blog saya. Wassalam..

0 Response to "Profil Bank Syariah Mandiri"

Thanks for reading