Syariah Indonesia

Bagaimana Cara membuka Tabungan Haji di BRI Syariah

Assalamualaikum.. Selamat pagi sahabat.. Semoga sahabat selalu sehat dan diberikan rizki yang halal ya.. Sahabat.. Kondisi perekonomian yang semakin bertambah baik dari tahun ke tahun dan juga pemikiran masyarakat yang sudah mulai berkembang ke arah yang lebih, serta semakin baiknya akhlak dan keimanan masyarakat saat ini membuat banyak masyarakat yang menginginkan untuk pergi melaksanakan rukun islam yakni pergi ibadah haji ke tanah suci. Saat ini untuk dapat melaksanakan ibadah haji, nasabah harus menunggu untuk jangka waktu yang lumayan lama. Untuk lama tunggu ibadah haji reguler antara 12 sampai 19 tahun, tergantung dari daerah pemberangkatan nya masing-masing. Untuk di Jawa saat ini sudah di atas 15 tahun masa tunggu nya. Sedangkan bagi nasabah yang menginginkan Ibadah Haji Plus, ternyata juga sama seperti haji reguler, harus melewati masa tunggu, akan tetapi waktu tunggu nya tidak sampai 10 tahun. Untuk di jawa saat ini masa tunggu haji plus adalah kisaran 7 tahun.

Saat ini Tabungan Haji menjadi primadona diantara tabungan-tabungan yang lain, karena sesuai namanya tujuan dari pembukaan tabungan haji adalah untuk ibadah Haji atau ibadah Umroh di tanah suci. Dulu hampir di semua Bank mempunyai produk tabungan haji, baik Bank konvensional maupun Bank Syariah, akan tetapi mulai tahun 2015 pemerintah melalui kementerian agama membuat peraturan bahwa untuk pelaksanaan ibadah haji penyetoran dana hanya akan dilayani oleh perbankan syariah. Jadi untuk nasabah yang telah mendaftar sebelum tahun 2015 melalui perbankan konvensional akan dipindahkan ke perbankan syariah. Sehingga otomatis untuk tabungan haji sekarang hanya ada di perbankan syariah saja.

Hampir sama seperti kedua bank syariah yang lain, sahabat cukup membawa copy Kartu Identias berupa Kartu Tanda Penduduk dan copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Tentu saja untuk syarat yang lain, sahabat harus membuka tabungan haji dengan setoran awal. Pertama, sahabat datang saja ke customer service (CS) untuk dibukakan tabungan haji BRI Syariah, nanti sahabat akan diminta untuk mengisi aplikasi pembukaan tabungan haji. Jangan khawatir sahabat..jika sahabat tidak bisa mengisi atau takut salah mengisi, dari pihak Bank akan membantu sahabat dari awal sampai selesai, jadi tenang saja ya..

Jika semua data sudah diisi lengkap, sahabat tinggal menunggu sebentar untuk dicetak kan buku tabungan haji BRI Syariah dan pembukaan tabungan Haji BRI Syariah pun telah selesai. Mudah kan sahabat? Tetapi proses nya belum selesai sahabat, itu baru sampai tahap sahabat memperoleh tabungan haji nya saja, sahabat harus mengisi tabungan tersebut untuk dapat mengaktifkan tabungan tersebut. Di sini sahabat harus melakukan setoran awal kepada teller. Untuk setoran awalnya sahabat bisa memulai dari nominal Rp50.000,- (lima puluh ribu rupiah) saja sudah bisa. Untuk setoran berikutnya bisa mulai dari Rp10.000,- (sepuluh ribu rupiah). Dana tidak dapat ditarik sewaktu-waktu ya sahabat, sama seperti tabungan haji di bank lain, karena tujuan nya adalah untuk ibadah haji dan umroh, maka tabungan ini hanya bisa digunakan atau di tarik untuk tujuan ibdah haji dan umroh. Untuk biaya administrasi bulanan tidak dikenakan. sedangkan untuk biaya penutupan rekening dikenakan biaya Rp25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah).

Sudah cukup jelas ya sahabat.. untuk proses bagaimana cara membuka tabungan Haji di bank BRI Syariah kali ini, semoga bisa membantu sahabat yang akan membuka tabungan haji. Baca juga mengenai cara transfer ke rekening BRI Syariah dari bank lain. Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

0 Response to "Bagaimana Cara membuka Tabungan Haji di BRI Syariah"

Thanks for reading