Syariah Indonesia

Sejarah Bank Syariah Mandiri

Assalamualaikum sahabat.. Masih tetap semangat ya.. Mungkin dari semua sahabat yang ada di sini masih ada yang belum mengenal BSM atau Bank Syariah Mandiri, bahkan ada yang belum pernah mendengarnya. Apa sih BSM itu? mungkin sebagian orang berfikir demikian. karena memang tidak semua orang tau dan kenal BSM, atau Bank Syariah Mandiri atau Bank Mandiri Syariah.

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Sejarah Bank Syariah Mandiri, bank syariah terbesar di Indonesia saat ini. Dari namanya "Bank Syariah Mandiri" pasti sahabat semua bisa menebak, kira-kira punya siapa bank syariah terbesar ini? Betul.. Bank Mandiri. Bank plat merah (BUMN) inilah yang memiliki sebagian besar saham (99%) kepemilikan Bank Syariah Mandiri. Jadi secara otomatis Bank Syariah Mandiri merupakan anak perusahaan dari Bank Mandiri.

"Apakah Bank Syariah Mandiri ini merupakan bank yang langsung berdiri atas nama bank syariah mandiri atau sebelumnya bernama lain?"
"Tahun Berapakah Bank Mandiri Syariah Berdiri?"

Nah.. untuk dapat menjawab pertanyaan diatas, mari kita lihat sejarah awal berdirinya Bank Syariah Mandiri.

Pada saat terjadi krisis moneter tahun 1997 - 1999 banyak Bank yang terkena dampak dari krisis moneter tersebut, termasuk Bank - Bank Pemerintah saat itu. Pemerintah akhirnya melakukan merger (penggabungan) ke empat Bank pemerintah untuk menyelamatkan perekonomian di Indonesia. Ke empat Bank tersebut adalah Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BDD), Bank Exim dan Bapindo. Yang kemudian keempat bank tersebut melebur menjadi Bank Mandiri sampai sekarang.

Dikarenakan proses merger tersebut, maka setiap aset dari keempat bank tersebut pun menjadi satu dibawah Bank Mandiri. Termasuk aset dari Bank Dagang Negara (BDN). Salah satu anak perusahaannya adalah Pt. Bank Susila Bakti (BSB) yang dimilik BDN dan Pt. Mahkota Prestasi yang juga terkena imbas dari krisis moneter. Bank Susila Bakti (BSB) inilah yang menjadi cikal bakal dari kelahiran Bank Syariah Mandiri.

Pada tgl 25 Oktober 1999 melalui SK Gubernur BI mengukuhkan perubahan kegiatan usaha Bank Susila Bakti (BSB) menjadi Bank Umum Syariah. Dengan keputusan tersebut lahir lah Bank Syariah Mandiri pada tahun 1999. Pada tanggal 1 November 1999 merupakan hari pertama beroperasi nya PT. Bank Syariah Mandiri, sehingga tanggal 1 November dijadikan sebagai hari ulang tahun Bank Syariah Mandiri.

Saat ini, Bank Syariah Mandiri merupakan  Bank Syariah terbesar di Indonesia dengan kantor layanan sekitar 700 unit, mulai dari kantor cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas, kantor outlet, payment point yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank Syariah Mandiri juga merupakan bank syariah pertama yang berhasil masuk ke dalam Buku III, dengan penambahan modal dari mandiri sebesar 500 Milyar di tahun 2015 menjadikan bank syariah mandiri sebagai perbankan syaiah terbesar di Indonesia.

Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan sahabat semua mengenai cikal bakal lahirnya perbankan syariah di Indonesia dan Bank Syariah Mandiri. Masih banyak sekali sejarah yang harus kita pelajari sebagai pengetahuan dan pengalaman kita untuk meneruskan perekonomian syariah di bumi pertiwi. Wassalam.

0 Response to "Sejarah Bank Syariah Mandiri"

Thanks for reading