Syariah Indonesia

Tabungan Wadiah Simpatik Bank Syariah Mandiri

Selamat pagi sahabat syariah... dari beberapa macam produk Bank Syariah Mandiri ada salah satu tabungan yang menarik perhatian saya untuk membahasnya lebih lanjut. Kenapa produk tabungan ini menarik perhatian saya? Karena, jika biasanya produk tabungan menggunakan akad mudharabah atau bagi hasil, sedangkan untuk tabungan ini menggunakan akad yang berbeda dengan yang lain. Produk tabungan ini menggunakan akad wadiah.

Kita akan membahasnya lebih dalam lagi mengenai apa sih akad wadiah itu dan apa sih kelebihan akad wadiah jika dibandingkan dengan akad mudharabah atau bagi hasil.

Wadiah merupakan akad titipan. Secara sederhananya, akad wadiah adalah akad nasabah kepada Bank untuk menitipkan hartanya (uang) dan apabila sewaktu-waktu nasabah membutuhkan uang tersebut, maka uang tersebut akan dikembalikan oleh Bank. Jadi di dalam akad wadiah, nasabah mempercayakan uangnya kepada bank dan apabila sewaktu-waktu nasabah ingin mengambil uang tersebut, maka bank akan mengembalikan uang tersebut tanpa mengurangi jumlah uang yang telah dititipkan.

Apasih kelebihan produk tabungan dengan akad wadiah ini?
Tabungan dengan akad wadiah tidak dikenakan biaya administrasi, atau jikalau dikenakan biaya administrasi, maka nasabah akan mendapat hadiah sebesar biaya administrasi yang dikenakan, dengan istilah lain, saldo nasabah tidak akan berkurang walaupun jumlah uang yang ada di tabungan cuma beberapa ratus ribu rupiah bahkan jikalau saldo nasabah cuma ada puluhan ribu juga tidak akan berkurang, karena akad yang digunakan akad wadiah tersebut. itulah salah satu kelebihan Tabungan Wadiah Simpatik Bank Syariah Mandiri.

"Bagaimana kalau saldo saya lumayan banyak mas? rugi dong saya g dapat bagi hasil?"
Mungkin itu salah satu pertanyaan yang muncul di benak kita, iya kalau uangnya sedikit tidak masalah tidak dapat bagi hasil, tapi kalau uang yang ada di tabungan ada lumayan banyak kan sayang jika tidak dapat bagi hasil.

Begini sahabat syariah.. jika produk tabungan dengan menggunakan akad mudharabah mendapatkan bagi hasil, maka untuk produk tabungan yang menggunakan akad Wadiah akan mendapatkan bonus dari bank atas penempatan dananya di bank syariah, cuma perbedaannya, kalau akad mudharabah besaran bagi hasil ditentukan di awal, sedangkan untuk wadiah tidak ada besaran bonus yang ditentukan di awal, jadi besaran bonus hanya pihak bank yang mengetahui nya.

Nah untuk tabungan simpatik  bank syariah mandiri ini, untuk pembukaan awalnya sahabat cukup menyediakan uang 30ribu rupiah sudah dapat membuka tabungan simpatik. Ya sahabat semua.. cuma bawa uang 30ribu rupiah saja. Tentu saja Kartu Tanda Penduduk (KTP) wajib di bawa ya, tentu saja yang masih berlaku, sebagai persyaratan utama untuk identitas data diri nasabah. Jika sahabat ingin mempunyai tabungan dari bank syariah dan belum mempunyai cukup uang, sahabat dapat memulai dengan mencoba membuka tabungan wadiah simpatik bank syariah mandiri terlebih dahulu. Cukup murah dan bermanfaat bukan? semua transaksi perbankan bisa digunakan juga lho untuk produk tabungan ini. Untuk setoran berikutnya bisa dimulai dari sepuluh ribu rupiah, untuk para pelajar, bisa sebagai ajang memperkenalkan tabungan atau untuk mendidik anak supaya menabung sedari dini. uang saku yang diberikan orang tua bisa ditabungkan sebagian, karena untuk setoran menabung juga tidak besar, cuma sepuluh ribu sudah bisa melakukan setoran di tabungan, berbeda dengan bank konvensional yang harus mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah baru bisa melakukan setoran di teller.

Tabungan simpatik Bank Syariah Mandiri ini juga bisa digunakan untuk transfer sesama bank, transfer antar bank, kliring, RTGS, ataupun untuk transaksi yang lain, seperti penggunaan internet banking atau melalui mesin ATM untuk transaksi pembayaran tagihan, pembelian pulsa, pembayaran kuliah untuk universitas yang telah menjalin kerja sama dengan Bank syariah mandiri, atau untuk pembelian tiket pesawat garuda juga bisa. Apa yang menjadi fasilitas di tabungan BSM, nasabah juga akan mendapatkannya di tabungan simpatik ini. Hanya saja perbedaannya ada di pembagian bagi hasil dan bonus yang akan diberikan oleh Bank Syariah Mandiri. Jika di tabungan BSM nasabah mendapatkan bagi hasil yang telah di sepakati antara nasabah dengan pihak bank, untuk yang tabungan simpatik ini, nasabah tidak mengetahui besaran bonus yang akan diterimanya, karena bonus yang diberikan adalah kewenangan dari BSM yang telah dipercaya mengelola dana tersebut melalui akad wadiah.

Semoga dapat menjadi tambahan ilmu buat para sahabat syariah, ternyata tidak perlu uang banyak untuk mempunyai tabungan syariah.. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. wassalam.

3 Responses to "Tabungan Wadiah Simpatik Bank Syariah Mandiri"

  1. ATM BSM apabila digunakan di ATM mandiri, kena biaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penarikan tunai dari kartu debit BSM di ATM Mandiri tidak dikenakan biaya, untuk transfer dari BSM ke Mandiri dikenakan biaya Rp2.000,-

      Delete
    2. Bagaimana cara menabung di bsm mela
      lui atm? Apakah uang 20 ribu rupiah bisa masuk ke atm?

      Delete

Thanks for reading