Syariah Indonesia

Produk Bank Syariah Mandiri

Selamat pagi sahabat syariah, kali ini saya akan men-share produk-produk yang dimiliki oleh bank syariah mandiri. Apa saja sih Produk Bank Syariah Mandiri saat ini, yuk kita simak...

seperti kebanyakan bank konvensional, perbankan syariah juga mempunyai produk yang hampir sama atau mirip dengan produk yang ada di tabungan bank konvensional. Pada dasarnya, kegiatan utama perbankan, baik bank syariah maupun bank konvensional adalah menyalurkan dana dari pihak yang kelebihan dana dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada pihak yang membutuhkan melalui program pinjaman atau pembiayaan dalam istilah perbankan syariah.

Ada tiga poin utama dalam kegiatan usaha perbankan, yaitu:
  1. Penghimpunan Dana, dalam hal ini produk yang ditawarkan oleh perbankan adalah produk tabungan, deposito dan giro.
  2. Penyaluran Dana, untuk poin ini produk yang ditawarkan bank adalah penyaluran kredit, Kredit Usaha rakyat (KUR), Kredit Kepemilikan Rumah, Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor, Kredit Usaha, Kredit Kelompok, atau Pembiayaan dalam istilah bank syariah
  3. Produk Jasa, sedangkan untuk poin yang satu ini, bank melakukan aktivitas atau jasa kepada nasabah dan nasabah membayar biaya atas jasa yang dilakukan oleh bank, contohnya adalah proses transfer rekening, biaya administrasi kredit, biaya atm, pembayaran listrik (PPOB), dll
Yang pertama akan kita bahas adalah penghimpunan dana, dan untuk bank syariah produk yang ditawarkan lebih banyak macam dan varian nya jika dibandingkan dengan produk dari bank konvensional. Saat ini produk dana yang ada di bank syariah mandiri ada lebih dari sepuluh jenis produk penghimpinan dana atau tabungan, kita akan mencoba membaginya dalam beberapa jenis tabungan ya sahabat..

Tabungan yang pertama, ada tabungan berjangka, di mana tujuan dari pembukaan produk tabungan ini adalah untuk perencanaan keperluan jangka panjang. Minimal jangka waktu yang bisa diambil untuk produk tabungan ini adalah 1 tahun, dan maksimal 10 sampai 20 tahun. Di Bank Syariah Mandiri ada dua produk tabungan berjangka, yaitu: "Tabungan Berencana" dan "Tabungan Investa Cendikia", Kedua Tabungan ini memiliki fitur yang hampir sama, dimana kedua produk tabungan tersebut mempunyai tujuan untuk membantu nasabah dalam pengelolaan uangnya di masa yang akan datang. Tabungan berencana dibuat untuk nasabah yang mempunyai rencana untuk jangka waktu 1-10 tahun, sehingga jauh-jauh hari nasabah sudah bisa merencanakan keuangannya melalui tabungan ini. Selain itu, kedua tabungan ini juga mempunyai manfaat asuransi, cuma ada perbedaannya dari kedua produk tersebut, untuk yang tabungan Investa Cendikia jangka waktu maksimal bisa 20 tahun, dan perbedaan di manfaat asuransi yang di dapatkan. Untuk lebih detail nya akan kita bahas di lain waktu ya sahabat semua..

Produk selanjutnya ada Tabungan BSM atau Tabungan Syariah Mandiri, Tabungan Simpatik. Tabungan ini hampir sama dengan tabungan pada umumnya, akan tetapi tabungan ini mempunyai nilai lebih di segi syariah dan bagi hasil yang di dapatkan nya. Untuk tabungan BSM menggunakan prinsip mudharabah atau bagi hasil, sedangkan untuk tabungan simpatik menggunakan prinsip tabungan wadiah atau titipan.

Berikutnya ada Tabungan Mabrur (tabungan Haji dan Umroh), Tabungan Mabrur Yunior. Untuk tabungan mabrur dan tabungan mabrur yunior ini merupakan produk dana dari bank syariah mandiri untuk nasabah yang akan melakukan perjalanan ibadah haji maupun umroh. Jika tabungan Mabrur dikhususkan untuk nasabah orang dewasa, sedangkan untuk tabungan haji mabrur yunior ini dikhususkan untuk nasabah anak-anak. Bank syariah mandiri melihat antusias para nasabah yang ingin memberangkatkan anaknya untuk ibadah haji, namun masih terbentur untuk usia, dimana untuk usia nasabah yang akan berangkat haji adalah 17 tahun.

Untuk Produk Deposito ada Deposito Rupiah dan Deposito Vallas. Deposito adalah salah satu produk dana dari perbankan, dimana nasabah menempatkan dananya di bank, akan tetapi dana tersebut tidak dapat di tarik sewaktu, dan hanya dapat di tarik sesuai dengan akad perjanjian di awal antara nasabah dan pihak bank. Jika terdapat wanprestasi, dimana nasabah mengambil dananya, maka bank akan memberikan pinalti untuk transaksi yang telah dilanggar tersebut. ada dua deposito di bank syariah mandiri ini, yaitu deposito valas dan deposito rupiah.

Sedangkan untuk Produk Giro ada Giro Rupiah dan Giro Valas serta Giro Euro. Giro merupakan produk dana dari perbankan yang hampir sama seperti produk tabungan, akan tetapi berbeda untuk cara penarikan nya. Jika tabungan bisa melakukan transaksi tarik secara tunai, untuk produk giro nasabah akan mendapatkan Bilyet Giro atau Cek untuk sarana penarikannya atau pemindahbukuan, jadi nasabah tidak bisa melakukan penarikan secara tunai untuk sahabat yang mempunyai produk giro ini.

Produk Pembiayaan atau untuk istilah di bank konvensional adalah produk pinjaman atau produk kredit, ada beberapa macam, yaitu pembiayaan Otto untuk otomotif (motor, mobil), Pembiayaan Griya BSM (KPR), Pembiayaan Dana Berputar (ditempat lain Rekening Koran), Pembiayaan Gadai Emas, Pembiayaan Warung Mikro (Pembiayaan 200juta ke bawah)

Semua Produk Bank Syariah Mandiri tersebut akan kita bahas satu persatu nantinya, jadi sahabat akan lebih tahu dan lebih paham akan produk bank syariah. Semoga Bermanfaat ya sahabat.. Jika ada yang kurang jelas silakan sahabat tanyakan, dan akan saya coba menjawabnya.. terima kasih

0 Response to "Produk Bank Syariah Mandiri"

Thanks for reading