Syariah Indonesia

Cicil Emas BSM, Cara Mudah Punya Emas dan Menguntungkan

Assalamualaikum sahabat syariah, kali ini saya akan membahas sedikit tentang emas. Salah satu logam mulia yang saat ini baru menjadi trend di masyarakat untuk dijadikan sebagai alat investasi. Salah satu bank syariah yang membantu masyarakat untuk memperoleh emas adalah Bank Syariah Mandiri (BSM). Dimana BSM mengeluarkan salah satu produk yang bernama Cicil Emas BSM, dengan slogan Cara Mudah Punya Emas dan Menguntungkan.

Emas termasuk logam yang pertama di temukan manusia sekitar tahun 5000 SM, sudah sangat lama sekali sebelum emas ini digunakan sebagai mata uang dan kembali lagi menjadi komoditas barang berharga. Saat ini emas lebih banyak sebagai komoditas atau barang dagangan yang nilainya sangat di pengaruhi oleh penawaran dan permintaan pasar saat ini. Kita akan sedikit flash back ke belakang untuk mempelajari emas dalam sejarah islam. Sebelum masa berkembangnya agama islam, emas memang sudah digunakan sebagai mata oleh bangsa Persia dan Romawi, dan pada awal perkembangan agama islam, mulailah lebih di atur lagi dengan munculnya uang baru yang di sebut dengan DINAR dan DIRHAM.

Sejarah DINAR
Pertama kali muslimin menggunakan dinar adalah pada saat pemerintahan persia, dimana cetakan dinar berasal dari persia. Pada zaman pemerintahan khalifah yang ke-2 yaitu Khalifah Saiyidina Umar Ibn al-Khattab (13 - 23 hijrah / 633 - 644 Masehi), penggunaan dinar dan dirham diatur dari segi corak dan berat. Pada saat itu ditetapkan 1 Dinar setara dengan 1 mitsqal, atau setara 1/7 troy ounce. Standar koin yang di tetapkan Khalifah Umar Ibn al-Khattab adalah berat dari 7 Dinar harus setara dengan 10 koin Dirham. Untuk saat ini dinar dibuat dengan mengikuti pendapat Syaikh Yusuf Qardhawi, dimana 1 dinar memiliki berat 4.25 gram dengan kadar kemurnian emas 22 karat. Berikut photo dinar emas saat ini.

Macam dan Bentuk Emas
Untuk saat ini, di Indonesia orang lebih banyak mengetahui emas sebagai perhiasan, masih jarang yang mengetahui tentang emas batangan, emas antam ataupun emas dinar. Jika sahabat ingin menabung berupa emas, pilihlah emas dalam bentuk batangan atau emas murni. Sebab, jika sahabat memilih emas perhiasan sebagai investasi, maka hasil yang di dapatkan pun tidak akan bisa maksimal, karena banyak potongan yang harus sahabat tanggung jika emas tersebut di jual. Emas batangan atau emas lantakan (sebutan untuk emas batangan di daerah jawa) memiliki kadar kemurniaan 24 karat. Sedangkan kadar emas untuk perhiasan bervariasi, mulai dari 8 karat sampai dengan 22 karat. Untuk yang beredar saat ini di pasaran kebanyakan adalah emas perhiasan dengan kadar emas 750 atau 75%atau 18 karat. Kadar emas untuk perhiasan bisa sahabat lihat di cap tanggungan yang ada di masing-masing perhiasan yang sahabat beli. Jika ada cap tanggungan bertuliskan 750, berarti emas yang sahabat beli tersebut mempunyai kadar kemurnian 18 karat. Selanjutnya ada Logam Mulia Sertifikat Aneka Tambang, Emas dengan cetakan berseri dan mempunyai sertifikat merupakan salah satu hasil dari Pt. Aneka Tambang Tbk (Antam) yang merupakan satu-satunya BUMN yang memproduksi emas untuk di pasarkan di dalam maupun di luar negeri.

Cicil Emas Antam di Bank Syariah Mandiri.
Sahabat yang ingin mempunyai emas batangan  tidak perlu khawatir lagi, sekarang bank syariah mandiri sudah mengeluarkan produk berbasis emas, yaitu Cicil Emas BSM. Cicil Emas BSM ini merupakan salah satu produk yang membantu nasabah dalam memperoleh emas dengan cara cicilan atau angsuran. Jika sahabat belum mempunyai dana untuk membeli emas batangan, maka bank syariah mandiri akan memberikan talangan kepada sahabat untuk membeli emas tersebut dan dapat sahabat angsur dalam kurun waktu 2 hingga 5 tahun. walaupun harga emas yang akan datang naik sangat tajam, sahabat tidak akan terpengaruh dengan hal tersebut dan tetap mengangsur dengan jumlah yang sama seperti pada saat awal pertama kali.

Syarat untuk pengajuan Cicil Emas BSM.
Untuk dapat menikmati produk yang satu ini, sahabat cukup menyiapkan:
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Uang Muka sebesar minimal 20% dari harga beli emas

hanya dengan KTP dan uang muka sebesar 20% dari harga emas, sahabat bisa memperoleh layanan cicil emas bank syariah mandiri untuk memperoleh Logam Mulia sertifikat antam yang sahabat inginkan. Minimal emas yang bisa di ambil adalah pecahan 10 gram, dan maksimal adalah sebesar 150 juta per orang untuk pembiayaan cicil emas yang di ambil. Untuk Jangka waktu, sahabat bisa mengambil jangka waktu mulai dari 2 tahun sampai dengan 5 tahun dengan cicilan tetap sampai pada saat akhir. Angsuran mulai dari 95 ribuan untuk cicil emas sebesar 10gram. Sangat murah bukan sahabat.

Semoga artikel ini bermanfaat buat sahabat syariah semua, silakan sahabat persiapkan dari sekarang untuk masa depan yang lebih baik dengan memiliki emas sebagai proteksi keuangan sahabat.

0 Response to "Cicil Emas BSM, Cara Mudah Punya Emas dan Menguntungkan"

Thanks for reading