Syariah Indonesia

Bagaimana cara memperoleh dana melalui Gadai Emas di Bank Syariah

Selamat pagi sahabat, mungkin banyak dari kita yang sering kali dihadapkan pada situasi dimana kita sangat membutuhkan dana cepat, tetapi kita pada saat itu tidak mempunyai dana sebesar yang kita butuhkan. Sering kali yang menjadi rujukan kita adalah saudara, teman, atau rekan dekat kita yang mungkin bisa membantu permasalahan kita. Akan tetapi, sering muncul rasa sungkan atau tidak enak jika kita harus meminjam dari orang lain, apa lagi jika kita harus meminjam dengan saudara. Akhirnya jalan satu-satunya kita ambil pinjaman dari lembaga keuangan. Apakah selesai di sini? ternyata tidak sahabat. Untuk mendapatkan pinjaman dana melalui lembaga keuangan, memerlukan jangka waktu yang cukup lama karena proses administrasi dan lainnya yang memakan waktu tidak sebentar. Biasanya, alternatif yang lain adalah dengan menggadai barang berharga ke Pegadaian atau toko emas. Untuk di pegadaian, saat ini menerima gadai dari emas sampai barang elektronik. Dan ternyata, untuk gadai emas bukan hanya ada di pegaian atau toko emas saja ya sahabat. Saat ini layanan perbankan syariah juga menyediakan produk gadai emas dengan fasilitas dan pelayanan yang tidak kalah bersaing dengan pegadaian atau toko emas.

Kali ini saya akan membagikan informasi bagaimana memperoleh dana melalui gadai emas di Bank Syariah. Bank Syariah yang saat ini menyediakan jasa gadai emas ternyata cukup lumayan banyak sahabat.. hampir semua perbankan syariah berlomba-lomba membuka layanan tersebut, karena hasil yang di peroleh dan pangsa yang masih sedikit pemainnya, dimana cuma ada pegadaian dan toko emas saja. Mulai dari BRI Syariah, Mandiri Syariah, Danamon Syariah, BNI Syariah, Bank Jabar Syariah, BPD Jateng Syariah, Niaga Syariah berlomba-lomba untuk menggarap pangsa gadai yang belum banyak di kerjakan oleh perbankan. Sebetulnya untuk produk gadai memang dikuasai oleh pemerintah dalam hal ini diwakili oleh perum Pegadaian. Sehingga untuk transaksi pembiayaan secara gadai hanya bisa dilakukan oleh pegadaian sebagai lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah untuk melayani transaksi keuangan melalui proses gadai tersebut. akan tetapi, dengan berjalannya waktu dan berkembangnya perekenomian khususnya untuk perbankan syariah dan banyaknya masyarakat yang ingin menggunakan jasa gadai secara syariah, akhirnya melalui surat dari Bank Indonesia, perbankan syariah bisa membuka layanan gadai emas dengan sistem Rahn.

Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui jika membutuhkan dana secara cepat, maka mereka akan menggadai di pegadaian atau toko emas, masih sedikit masyarakat yang mengetahui tentang gadai emas di Bank Syariah. Walaupun ada yang sudah mengetahui bahwa di perbankan syariah menerima gadai emas, tetapi masih banyak masyarakat yang lebih memilih gadai di pegadaian ataupun toko emas karena alasan kebiasaan atau sudah kenal dengan petugasnya ataupun karena alasan jarak. Biasanya hal ini berlaku untuk masyarakat yang menggadai dengan nominal tidak terlalu besar. Akan tetapi, untuk masyarakat dengan pendidikan yang tinggi dan membutuhkan dana yang lumayan besar, maka akan lebih memikirkan biaya yang akan dikenakan dari pada faktor yang lain, sehingga Bank Syariah menjadi pilihannya.

Yuk sahabat, kita belajar bagaimana cara menggadai di bank syariah ya.
Seperti halnya pegadaian, gadai di bank syariah juga mempunyai aturan yang hampir sama. untuk jangka waktu pembiayaan gadai adalah 4 bulan atau 120 hari. Jadi, jika sahabat menggadai di bulan januari ini, maka jatuh tempo pembiayaan gadai sahabat adalah bulan Mei 2016.

Untuk saat ini, kebanyakan bank syariah hanya menerima gadai berupa emas, baik emas lantakan atau emas batangan (Antam) dan emas perhiasan dengan kadar karatase tertentu. Untuk pembiayaan gadai di Mandiri syariah, saat ini hanya menerima emas batangan dan emas perhiasan dengan kadar minimal 16 karat. Kadar 16 karat biasa nya bisa di lihat secara jelas melalui cap tanggungan yang ada di setiap perhiasan. Jika di perhiasan sahabat ada cetakan 700, itu berarti bahwa pembuat perhiasan tersebut memberikan jaminan kepada pembeli bahwa kadar emas perhiasan tersebut adalah sebesar 700 atau 70% dari 24 Karat (70% x 24 karat = 17 karat). Jadi, jika sahabat ingin menggadai melalui bank syariah, syarat yang harus dibawa adalah emas batangan atau emas perhiasan dengan kadar minimal 16 karat.

Untuk sistem pembayaran pembiayaan gadai berbeda dengan sistem pembiayaan atau pinjaman lainnya, dimana untuk pembiayaan gadai tidak diwajibkan untuk membayar secara angsuran atau bulan, sedangkan untuk pinjaman kredit harus di angsur secara bulanan. Jika sahabat menggadai, maka sahabat tidak perlu mengangsur secara bulanan, cukup sahabat lunasi jika sudah punya dana. Jika dalam waktu 4 bulan ternyata sahabat belum bisa melunasi, maka sahabat bisa mengajukan perpanjangan gadai hanya dengan membayar biaya pemeliharaan sesuai yang telah di tetapkan masing-masing bank syariah. Besarnya biaya pemeliharaan (atau bunga untuk istilah di pegadaian konvensional) saat ini berkisar antara 1 - 1,55% per bulan, atau di kisaran 0.5% - 0.77% per periode (15 hari). Perhitungan biaya dikenakan per periode, dimana per periode gadai adalah 15 hari. Jika sahabat menggadai dalam waktu 1 bulan, berarti sahabat dikenakan biaya selama 2 periode. Pada saat pelunasan, sahabat hanya membayar pokok pinjaman dan biaya pemeliharaan selama 2 periode tersebut. cukup ringan bukan? dan tanpa ada pinalty seperti di pembiayaan atau pinjaman secara kredit.

Cukup Jelas ya sahabat?
Kita rangkum penjelasan di atas ya.. Untuk sahabat yang ingin memperoleh dana melalui gadai emas di bank syariah, persyaratannya adalah sahabat harus membawa emas batangan atau emas perhiasan dengan kadar minimal sebesar 16 karat. Tentu saja untuk identitas harus bawa KTP yang masih berlaku. Untuk jangka waktu gadai adalah 4 bulan dan dapat diperpanjang jika sahabat belum mempunyai dana untuk mengambil barang yang telah digadaikan tersebut. Perhitungan biaya pemeliharaan dihitung per periode atau per 15 hari, jadi jika sahabat cuma membutuhkan dana selama 15 hari, maka pembiayaan secara gadai dapat menjadi solusi bagi sahabat. Semoga penjelasan saya bermanfaat buat sahabat semua. Terima kasih.

0 Response to "Bagaimana cara memperoleh dana melalui Gadai Emas di Bank Syariah"

Thanks for reading