Syariah Indonesia

Pegadaian - Biaya gadai emas di pegadaian

Selamat pagi sahabat.. Pegadaian, mungkin bukan kata yang asing buat kita semua ya sahabat, siapa sih yang tidak tahu perusahaan milik negara ini. Usia nya saja sudah mencapai ratusan tahun, dengan bisnis yang bisa dibilang tidak mempunyai kompetitor atau pesaing karena aturan dari pemerintah yang hanya memberikan ijin untuk usaha gadai hanya bisa melalui perusahaan yang satu ini, membuat salah satu Badan Usaha Milik Negara ini menjadi perusahaan yang cukup besar dengan banyak cabang yang tersebar hampir di seluruh kota, bahkan kecamatan di seluruh Indonesia. Coba sahabat perhatikan, hampir di setiap kecamatan ada kantor unit atau outlet yang siap menampung emas-emas calon nasabah yang membutuhkan pinjaman. Biasanya letaknya tidak jauh dari pasar atau rumah sakit atau di sekitar pusat keramaian daerah tersebut.

Kali ini saya ingin membagikan informasi mengenai Biaya Gadai emas di pegadaian di tahun 2016 ini. mungkin banyak orang sudah tau dan mengenal tentang perusahaan yang satu ini, akan tetapi masih banyak juga yang belum mengetahui tentang seberapa besar biaya yang di kenakan jika kita ingin mengajukan pinjaman dengan sistem gadai tersebut. Untuk perhitungan bunga di konvensional, berbeda dengan ijaroh yang ditetapkan di gadai syariah. Akan tetapi untuk equivalen rate di kedua instansi tersebut kurang lebih sama. Hanya berbeda di masalah perhitungan per periode nya saja yang berbeda, dimana untuk yang konvensional perhitungan per periode nya adalah dihitung per 15 hari. Sedangkan untuk pegadaian syariah perhitungan 1 periodenya adalah per 10 hari. berbeda 5 hari dari yang konvensional. Akan saya jelaskan sedikit mengenai perhitungan bunga / biaya ijaroh per periode ini. Biaya untuk pinjaman gadai, baik secara konvensional maupun syariah dikenakan berdasarkan periode penggunaan dana yang di pinjamkan ke bada nasabah. Untuk pinjaman secara konvensional, jika nasabah telah menggunakan pinjaman gadai emas tersebut selama 10 hari, maka nasabah tersebut tetap akan di kenakan biaya 15 hari, karena perhitungan yang di berlakukan adalah perhitungan per 15 hari untuk satu periodenya. Akan tetapi, jika sahabat menggadai di pegadaian syariah, maka sahabat akan dikenakan biaya ijaroh hanya 10 hari. Mengapa hal itu bisa terjadi? karena, perhitungan untuk yang syariah adalah per 10 hari untuk per periodenya. Sudah paham ya sahabat..

Setelah sahabat paham dengan perhitungan periode dari masing-masing tempat, selanjutnya saya akan menginformasikan mengenai biaya yang di timbulkan dari transaksi gadai emas tersebut. Pada saat sahabat mengisi formulir pegajuan permohonan untuk transaksi gadai, dan sahabat menyerahkan emas untuk di taksir, maka sahabat akan memperoleh informasi berapa uang yang akan didapat dari emas yang sahabat bawa tadi. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan ada dua macam, yakni biaya yang di bayarkan di awal dan biaya yang di bayarkan pada saat akhir atau pada saat pengambilan barang jaminan. Untuk biaya pada saat awal adalah biaya administrasi, dimana besarannya tergantung dengan jumlah pinjamannya, semakin banyak pinjaman yang sahabat butuhkan, maka semakin banyak juga biaya administrasi yang harus sahabat keluarkan untuk pembayaran baiaya administrasi di awal. Biaya administrasi di awal pada saat dahulu adalah 1% dari pinjaman yang diambil, untuk saat ini biaya administrasi menggunakan tiering, sesuai dengan pinjaman yang di ambil. Semakin besar pinjaman, maka semakin banyak uang yang harus dikeluarkan. Untuk Biaya di awa ini, bisa diambilkan dari pencairan gadainya, sehingga sahabat dapat berapa, akan otomatis dipotong dengan biaya admintrasi di awal tadi.

Yang kedua adalah biaya yang di kenakan pada saat akhir, atau pada saat pelunasan gadai. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, untuk biaya per periode tiap instansi berbeda-beda. Untuk kali ini saya akan menjelaskan untuk biaya bunga untuk pegadaian konvensional. Tarif atau bunga yang dikenakan per periode atau per 15 harinya. Ada beberapa golongan yang dikelompokkan oleh pihak perusahaan milik negara ini, mulai dari pinjaman 50.000 - 500.000, sampai dengan 20juta sampai dengan 1 milyar. Biaya bunga per periode (15 hari) untuk pinjaman antara 50 ribu sampai dengan 500 ribu rupiah adalah 0.75% per 15 hari, atau setara 1,5% per bulan. Jadi, jika sahabat meminjam uang sejumlah 500 ribu rupiah, maka sahabat akan dikenakan biaya bunga sebesar Rp3.750,- per 15 hari atau Rp7.500,- per bulan nya.

Untuk Pinjaman antara Rp500.001 sampai dengan Rp20.000.000,- biaya bunga yang dikenakan adalah sebesar 1.15% per periode atau setara 2.3% per bulan. Biaya ini sudah mengalami penurunan, dimana sebelumnya tarif yang dikenakan adalah sebesar 2.5% atau 1.25% per periode. Jadi, apabila sahabat membutuhkan dana sebesar 10 juta rupiah, maka biaya yang di bayarkan pada saat akhir adalah sebesar 1.15% per lima belas hari atau sekitar Rp115.000,- atau sebesar Rp230.000,- per bulan. Jika sahabat menggunakan secara maksimal, maka bunga yang dikenakan adalah sebesar Rp920.000,- selama 4 bulan.

Untuk Pinjaman di atas Rp20.000.001, biaya bunga yang dikenakan adalah sebesar 1.00% per periode atau setara 2% per bulan. Jadi, jika sahabat membutuhkan dana sebesar Rp100.000.000,- maka biaya yang harus sahabat keluarkan pada saat pengambilan adalah Rp1.000.000 per 15 hari, Rp2.000.000,- jika satu bulan, dan sebesar 8 juta rupiah jika menggunakan dana secara gadai selama 4 bulan penuh.

Semoga penjelasan saya tadi dapat memperjelas sahabat mengenai transaksi gadai di pegadaian, dan berapa besaran biaya yang dikenakan oleh pegadaian jika sahabat ingin menggadai di perusahaan milik pemerintah tersebut. Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

4 Responses to "Pegadaian - Biaya gadai emas di pegadaian"

  1. Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan jaminan bpkb mobil, proses pencairan cepat hanya beberapa jam saja serta suku bunga terendah dan pembiayaan kredit mobil bekas dp murah untuk seluruh wilayah di Indonesia.

    Info selengkapnya, silahkan hubungi marketing kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp, Kemudian marketing kami akan menghubungi Anda.

    Office :
    Jl. Margonda Raya No 88 A-C, Depok, Jawa Barat
    Phone : 021-77204222, 021-77204333, 021-77204888
    Fax : 021-77200022, 021-77205111

    Contact Person :
    Sukma Dinata ( Marketing Officer )
    Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839
    https://www.jaminkanbpkb.com/

    ReplyDelete
  2. Air Canada Reservations Thanks for the information provided by you it’s really great to help from your side but I got the complete solution from the mentioned site

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. hulu error code p-dev320 A good Blog gives a lot more knowledge about this. I will continue to support your work Thank you.

    ReplyDelete

Thanks for reading